Sejarah

Sebagai konsekuensi pelaksanaan otonomi daerah dengan ditetapkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, di mana dalam salah satu pasalnya mengisyaratkan adanya kewenangan pelaksanaan manajemen kepegawaian daerah.

Selanjutnya nama lembaga Badan Kepegawaian Daerah sendiri mulai di sebut untuk pertama kalinya dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok Kepegawaian pada pasal 34A yang menegaskan :”Untuk kelancaran pelaksanaan manajemen Pegawai Negeri Sipil Daerah dibentuk Badan Kepegawaian Daerah”.

Selanjutnya untuk melaksanakan pembentukan lembaga Badan Kepegawaian Daerah diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 159 Tahun 2000 tentang Pedoman Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah.

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah telah dilaksanakan penataan organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala yang menempatkan fungsi manajemen kepegawaian yang semula dilaksanakan oleh Bagian Kepegawaian pada Sekretariat Daerah, dialihkan kepada lembaga tersendiri yang melaksanakan fungsi manajemen kepegawaian, yaitu Badan Kepegawaian Daerah.

Sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, menghasilkan restrukturisasi Organisasi di Lingkungan Pemerintah Daerah. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Barito Kuala selanjutnya disebut sebagai BKD berdasarkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 31 Tahun 2008 Tentang uraian tugas unsur unsur organisasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Barito Kuala.

Nama Badan Kepegawaian Daerah selanjutnya berubah menjadi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 36 Tahun 2016. SOTK baru ini dilantik pada tanggal 31 Desember 2016 di Gedung DPRD Kabupaten Barito Kuala, Jln AES Nasution, Marabahan.

Dalam hal peningkatan efektifitas kerja dan restrukturisasi organisasi, maka selanjutnya berdasarakan berdasarkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 47 Tahun 2019 Tangal 16 September 2019 telah ditetapkan SOTK Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan yang baru dan telah dilantik pada tanggal 15 Januari 2020 di TPA Tabing Rimbah, Kecamatan Mandastana.

%d bloggers like this: