Penyerahan SK dan Pengambilan Sumpah/Janji PPPK

Marabahan-BKPP. Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor melantik dan menyumpah 72 orang PPPK, Jumat (26/02/2021) pagi yang terdiri dari 43 tenaga guru dan 29 tenaga penyuluh hasil seleksi PPPK Tahap 1 pada tahun 2019 silam.

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Among Praja, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kab. Barito Kuala ini dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum M Anthony, Kepala BKPP Akhmad Mawarni, Kepala Disdik Sumardji, Kepala Inspektorat Ismet Zulfikar, Kepala BPKAD Samson, dan Kepala Distan TPH Murniati. Dalam sambutannya,m Wabup Rahmadian Noor mengatakan, prosesi pengambilan sumpah dan janji selain merupakan momen penting dan bersejarah PPPK juga menuntut tanggungjawab yang besar yang wajib dilaksanakan.

Pesan beliau kepada guru untuk terus meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran secara daring agar para siswa dapat terus bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Sementara kepada para penyuluh ia berharap untuk terus memberikan arahan dan bimbingan penyuluhan dan pelatihan kepada para petani agar menjadi petani yang berdikari serta penyokong bagi masyarakat di Batola.

Kegiatan penyerahan SK sekaligus upacara sumpah/Janji PPPK ini dilaksanakan secara daring melalui teleconference, sebanyak 10 orang perwakilan PPPK berada di Aula Among Praja BKPP Kab Barito Kuala, sementara sisanya bagi PPPK tenaga guru mengikuti kegiatan di Aula Dinas Pendidikan, sementara untuk PPPK dari penyuluh pertanian mengikuti dari Aula Dinas pertanian TPH.

Proses Panjang sejak 2019

Proses Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala diawali dengan Pengumuman Bupati Barito Kuala tanggal 12 Februari 2019 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Tahap I Tahun 2019

Pelaksanaan Pendaftaran dan seleksi administrasi dilaksanakan secara online melalui portal SSCASN dari tanggal 12 Februari s.d 18 Februari 2019. Pelamar merupakan Guru Tenaga Honorer eks Kategori II dan Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian. Data bersumber dari database BKN dan database Kementerian Pertanian yang kemudian tergabung pada database SSCASN BKN. Peserta yang terdaftar di database tersebut berjumlah 152 orang, dengan rincian :
– Tenaga Guru : 115 orang
– Tenaga Penyuluh : 37 orang
Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 116 orang , dengan rincian :
– Tenaga Guru : 86 orang
– Tenaga Penyuluh : 30 orang

Pada tanggal 23 Februari 2019 diadakan Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja bertempat di SMKN 1 Marabahan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) UNBK. Sebanyak 116 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi semuanya mengikuti Seleksi Kompetensi.

Tanggal 5 April 2019 diumumkan Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.
Sesuai hasil seleksi yang ditetapkan Panselnas telah diumumkan peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi sebanyak 73 orang, dengan rincian :
– Tenaga Guru : 43 orang
– Tenaga Penyuluh : 30 orang

Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus seleksi mengikuti pemberkasan yang dilaksanakan pada 8 April s.d 12 April 2019. Namun sejak itu pemerintah masih menyusun peraturan-peraturan turunan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja (PPPK) ini.

Berdasarkan surat Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Nomor D 26-30/V 249-2/99 tanggal 3 Desember 2020 perihal Usul Penetapan NI PPPK Tahun 2019 secara elektronik, dilaksanakan pemberkasan ulang terhadap peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi kompetensi. Pemberkasan ulang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember s.d 14 Desember 2020 via daring dan akhirnya setelah NI PPPK ditetapkan oleh BKN maka pada tanggal 26 Februari 2021, 72 orang PPPK Kabupaten Barito Kuala resmi menjadi keluarga besar ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Album Penyerahan SK dan Pengambilan Sumpah / Janji PPPK dapat diakses disini

Album Behind the Scene PPPK 2021 dapat dilihat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: