Jenis Jabatan Aparatur Sipil Negara

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pegawai ASN yang terdiri dari PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) dan PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji.

Sedangkan Jenis Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri dari:

  1. Jabatan Pimpinan Tinggi

Jabatan Pimpinan Tinggi adalah sekelompok jabatan tertinggi pada instansi dan perwakilan. Jabatan pimpinan tinggi terdiri dari pejabat struktural tertinggi yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah

a) Jabatan Pimpinan Tinggi Utama yaitu setara dengan Kepala/Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementrian

b) Jabatan Tinggi Madya setara dengan Pejabat Eslon Ia dan Ib

c) Jabatan Tinggi Pratama Setara dengan Pejabat Eslon IIa dan IIb

2.Jabatan Administrasi

Jabatan Administrasi adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Jabatan Administrasi terdiri dari:

a. Jabatan Administrator bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.(Eslon III)

b. Jabatan pengawas sebagaimana bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana. (Eslon IV)

c. Jabatan pelaksana bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. (Fungsional Umum)

3.Jabatan Fungsional

Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Jabatan Fungsional dalam ASN terdiri dari dua jabatan, yaitu jabatan fungsional keahlian dan jabatan fungsional keterampilan. Dengan rincian masing-masing jabatan sebagai berikut.

Jabatan fungsional keahlian :

ahli pertama;
ahli muda;
ahli madya, dan
ahli utama.

Jabatan fungsional keterampilan :

pemula;
terampil;
mahir; dan
penyelia.

Sebagai bahan bacaan bagi PNS maupun CPNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala untuk mengetahui jenis jabatan yang diemban saat ini silakan download dibawah ini

  1. PERMENPAN NOMOR 41 TAHUN 2018 TENTANG NOMENKLATUR JABATAN PELAKSANA BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN INSTANSI PEMERINTAH (untuk daftar jabatan pelaksana)
  2. PROFILE JABATAN FUNGSIONAL TAHUN 2020 (untuk daftar jabatan Fungsional dengan Angka Kredit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: